Rabu, 02 September 2015

Kota Angin



Kabupaten Nganjuk merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Nganjuk berbatasan dengan Kabupaten Jombang di sebelah Timur, Kabupaten Madiun di sebelah barat, Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, dan Kabupaten Kediri di sebelah selatan. Nganjuk terletak di dataran rendah lereng gunung wilis yang mengakibatkan Kabupaten Nganjuk dikenal sangat berangin dan sering disebut dengan julukan Kota Angin. 



A. Kebudayaan Kabupaen Nganjuk

    1.    Tari Tayub

      Di Kabupaten Nganjuk terletak sebuah padepokan kesenian tradisional yaitu padepokan kesenian tayub, yang lebih jelasnya berada di Desa Ngrajek, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk.
Tarian ini biasa digelar pada acara pernikahan, khitan serta acara kebesaran misalnya hari kemerdekaan Republik Indonesia. Perayaan kemenangan dalam pemilihan kepala desa, serta acara bersih desa. Anggota yang ikut dalam kesenian ini terdiri dari sinden, penata gamelan serta penari khususnya wanita. Penari tari tayub bisa dilakukan sendiri atau bersama, biasanya penyelenggara acara (pria).
Penari tarian tayub lebih dikenal dengan inisiasi ledhek. tari tayub merupakan tarian pergaulan yang disajikan untuk menjalin hubungan sosial masyarakat. 

     2.   Wayang Timplong

Wayang Timplong adalah sejenis kesenian wayang dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Kesenian tradisional ini konon mulai ada sejak tahun 1910 dari Dusun Kedung Bajul Desa Jetis, Kecamatan Pace, Provinsi Jawa Timur. Wayang ini terbuat dari kayu, baik kayu waru, mentaos, maupun pinus. Instrumen gamelan yang digunakan sebagai musik pengiring, juga sangat sederhana. Hanya terdiri dari Gambang yang terbuat dari kayu atau bambu, ketuk kenong, kempul dan kendang. 

B. Makanan Khas Kabupaten Nganjuk

              1. Nasi becek.

Yaitu sejenis gulai kambing yang memiliki rasa khas dengan penambahan irisan daun jeruk nipis.

         2. Krupuk Bakar

Yaitu krupuk yang digoreng tanpa minyak tetapi menggunakan pasir.

                3. Nasi Pecel

Yaitu semacam nasi yang ada sayurnya (kulup) ditaburi dengan pedasnya sambal pecel, ciri khas asli Nganjuk sangat pedas dan rempeyek yang renyah.



Kabupaten Nganjuk mempunyai ciri khas :

Kabupaten Nganjuk merupakan daerah yang sangat berangin. Di samping itu, Kabupaten Nganjuk mempunyai banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi, contohnya Air terjun Sedudo, Air merambat Roro Kuning, Goa Margo Trisno, Candi Lor, Candi Ngetos dan masih banyak yang lainnya.

Banyak daerah di Kabupaten Nganjuk yang masih melakukan kegiatan budaya bersih desa, acara ini sering dilakukan setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mempererat tali kemanusiaan dan bermasyarakat dalam lingkungan desa. Banyak sekali warga yang antusias untuk mengikuti kegiatan ini tiap tahunnya.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar